Home Backlink Cara Memilih Influenser untuk Beriklan Online

Cara Memilih Influenser untuk Beriklan Online

Cara Memilih Influenser untuk Beriklan Online – Di era digital ini banyak orang yang mengganti strategi marketingnya yang masih konvensional dengan ke dunia digital. Ada berbagai cara yang mereka gunakan untuk memasarkan produk maupun jasa ke dunia digital, mulai dari pembuatan konten dan memanfaatkan sosial media, ada yang menggunakan website untuk menaikan pengunjung ada juga yang menggunakan jasa influencer untuk mengiklankan produknya.

Membicarakan soal influenser, sekarang ini ada banyak jasa influenser yang bisa membantu Anda untuk mengiklankan bisnis Anda. Semua orang bisa mengiklankan produk di sosial media namun tidak semua orang yang mengiklankan bisnis disebut influenser. Memang seperti apa sih seseorang yang disebut influenser itu?

Apa Itu Influenser

Influenser berasal dari kata influence yang berarti memengaruhi, secara umum influencer adalah seseorang yang bisa atau memiliki kemampuan untuk mengajak orang lain untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ia iklankan. Sekarang ini influenser bisa menjadi profesi dan memiliki jobdesk melakukan promosi sosmed, kemudian ia akan mendapatkan keuntungan dari jasa nya tersebut.

Menggunakan influencer adalah salah satu cara pemasaran atau tips marketing yang cukup banyak digunakan sekarang ini. Ada beberapa orang yang disebut influenser di Indonesia beberapa diantaranya adalah Rachel Venya, Anya Geraldine, Awkarin, Ria Ricis, dan masih banyak lagi.

Bagaimana orang tersebut bisa disebut dengan influenser? Influenser adalah orang yang diangap sebagai trend center sehingga apa yang ia lakukan, apa yang ia kenakan dan semua terkait dirinya bisa menjadi dicontoh orang lain untuk diikuti. Bahkan tingkah laku ataupun karakternya bisa menjadi trending dan panutan dalam kehidupan sehari-hari. Kepopuleran influencer dimanfaatkan pelaku bisnis untuk mengiklakan bisnisnya, hal ini dinilai mengiklankan produk kepada influenser bisa memberikan feed back yang bagus walau harus membayar jasa iklannya.

Tidak sembarang orang bisa disebut influenser karena influenser memiliki kriteria tertentu, selain bisa meng-influence orang lain, media sosial yang ia gunakan juga harus memiliki aktifitas yang bagus, misalnya total engagement dalam sosial medianya, interaksinya dengan followers, jumlah pengikut dan konten yang ia unggah. Influenser tentunya harus memiliki pengikut yang banyak agar bisa mengiklankan produknya dengan maksimal, kemudian interaksi influenser denga netizen juga memengaruhi hasil pengiklanan produk.

Baca Artikel : Menjadi Influencer Juga Butuh Ilmu Lho! 

Bagaimana Memilih Influeser Untuk Marketing Produk??

Ada banyak sekali influenser di Indonesia, Anda bisa menggunakan salah satunya untuk membantu Anda mengiklankan produk. Namun jika Anda hendak menggunakan jasa influnser ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan karena banyak orang yang masih bingung bagaimana caranya untuk memilih influenser yang cocok dengan produk mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih influenser yang cocok untukmu.

  • Tentukan berdasarkan budget Anda

Budget yang Anda miliki untuk menggunakan jasa influencer adalah hal utama, karena dari budget ini Anda bisa memilih siapa influenser yang memiliki harga sesuai budget Anda, menyesuaikan dengan budget Anda ini akan membantu dalam memilih influencer. Jika Anda ingin menggunakan jasa influnser pastinya Anda sudah menganggarkan uang untuk keperluan marketing.

Solusi promosi bisnis untuk meningkatkan Brand Awareness pada bisnis kamu

Harga influencer tergantung dari beberapa hal seperti total engagemen dalam sosial media mereka, followers, jenis konten/iklan, dan seberapa terkenal mereka. Influenser yang sudah memiliki nama besar dan banyak followers pastinya memiliki harga yang tinggi. Misalnya Rachel Venya maupun Awkarin, Anda bisa menggunakan jasa influencer seperti ini jika cocok dengan budget Anda. Namun jka Anda memiliki budget terbatas bisa menggunakan jasa influencer yang cocok dengan buget Anda.

  • Sesuaikan dengan target usaha Anda

Dalam berbisnis pastinya Anda sudah menentukan target untuk produk yang Anda keluarkan, agar bisa membidik target ini pastinya Anda harus beriklan agar produk bisa dikenal dengan baik. Beriklan juga harus pintar agar iklan mengenai target dengan baik.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan jasa influenser adalah menyesuaikan target bisnismu dengan pasar influenser tesebut sehingga iklan yang dibuat dari si influenser bisa mengenai target dengan baik.

Misal, jika Anda memiliki produk makanan, Anda bisa menggunakan jasa influenser di bidang kuliner untuk mengiklankannya. Ada beberapa influencer yang bisa Anda gunakan di bidang makanan, seperti Tanboykun atau Nexcarlos jika ingin beriklan di Youtube, @MGDALENAF @dyodoran jika ingin beriklan makanan di instagram atau myfunfooddiary.com jiika ingin beriklan di website.

Memilih influenser sesuai dengan bidang dan pasar bisa membantu Anda mendapatkan banyak orderan dari pengikut influencer setelah di iklankan oleh influencer kesukaan mereka hal ini karena target tercapai. Tanpa menyesuaikan target Anda dengan pasar influenser pastinya iklan kurang mengena dan feedback nya kurang optimal.

  • Periksa pengikut dan engagement influenser

Beriklan di sosial media dengan jasa influenser tidak bisa sembarangan, karena Anda harus mengecek beberapa hal dari influenser ini dengan melihat pengikutnya yang cukup banyak Anda tidak bisa langsung menggunakan jasa begitu saja, masih ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti bagaimana engagement influencer? Setiap konten yang ia unggah, bagaimana penayangannya? Bisa menjangkau berapa banyak? Berapa orang yang like dan komentar di akunnya atau storynya? Hal ini akan memperlihatkan seberapa besar influenser ini bisa menarik perhatian netizen.

Jika hanya ditentukan dari followers saja, sekarang ini ada banyak sekali jasa jual beli followers yang banyak dipakai, oleh influenser sekalipun. Jeli lah dalam memilih influencer ya!

Baca Juga Artikel : Sosial Media Yang Cocok Untuk Promosi 

Bagaimana Reputasi Influencer?

Percaya atau tidak reputasi influenser sangat memengaruhi keberhasilan beriklan menggunakan jasanya. Orang akan cenderung menyukai seseorang yang memberikan contoh yang baik, memiliki konten yang bermanfaat dan orang dengan attitude yang baik oleh karena itu salah satu pertimbangan untuk memilih influenser adalah dari reputasi atau citra yang ia miliki di internet.

Sukses berbisnis dengan sosial media
Sukses berbisnis dengan sosial media

Influenser yang memiliki citra yang buruk pasti memiliki haters dan banyak orang tidak menyukainya, tingkah lakunya pun tidak baik untuk diikuti sehingga hal ini akan menurunkan minat seseorang untuk menggunakan atau membeli produk/jasa yang ia iklankan. Mengiklankan produk atau jasa memerlukan kepercayaan masyarakat, jika masyarakat suka pastinya hal yang diklankan atau direkomendasikan banyak menarik minat. Inilah pentingnya memilih influencer berdasarkan reputasinya.

  • Lihat kemampuan influenser

Salah satu hal lagi yang bisa dijadikan pertimbangan untuk menggunakan jasa influenser adalah melihat kemampuan influenser, hal ini bisa Anda lihat dari konten yang ia unggah. Influenser memilih karakter masing-masing, pilihlah yang sesuai dengan selera Anda. Konten yang diunggah  influenser pastinya cukup bagus, namun apakah sama dengan selera Anda?

Menggunakan jasa influenser adalah salah satu cara untuk beriklan secara online, untuk itu pilihlah dengan baik agar target iklan bisa di dapat. Jika Anda ingin beriklan secara online menggunakan jasa influenser, bisa banget mencoba layanan UP TERUS, dimana Anda bisa mengiklankan produk menggunakan jasa influenser yang pas dan harga terjangkau. Bisa menentukan lokasi dan media apa yang digunakan untuk beriklan. cek selengkapnya hanya di official website UP TERUS di www.upterus.com temukan cara beriklan yang mudah dan terjangkau hanya di UPTERUS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Kelebihan Menggunakan Advertising sebagai Jasa Iklan Sosial Media

Kelebihan Menggunakan Advertising sebagai Jasa Iklan Sosial Media - Berjalanya waktu transaksi jual beli tidak hanya dilakukan secara langsung bertatap muka, namun...

Menggunakan Jasa Backlink, Apa Bisa Membuat Websitemu Rangking 1?

Menggunakan Jasa Backlink, Apa Bisa Membuat Websitemu Rangking 1? - Backlink adalah salah satu komponen yang banyak digaungkan ketika melakukan optimasi website...

Pengertian Endorse dan Seluk Beluknya yang Harus Diketahui

Pengertian Endorse dan Seluk Beluknya yang Harus Diketahui. Semakin melejitnya digital marketing, istilah-istilah periklanan online juga banyak bermunculan. Pun masyarakat bisa menyerapnya...

Berapa Sih Harga Promo Endors Menggunakan Influenser Marketing?

Berapa Sih Harga Promo Endors Menggunakan Influenser Marketing? Influenser adalah salah satu profesi yang cukup banyak di dambakan sekarang ini, bukan hanya...

Recent Comments